GUBERNUR BALI MERAIH PENGHARGAAN NUGRA JASADHARMA PUSTALOKA

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, pasal 51 ayat (6) mengamanatkan bahwa Perpustakaan Nasional RI wajib memberikan penghargaan kepada masyarakat yang berhasil melakukan gerakan pembudayaan kegemaran membaca. Penghargaan gerakan pembudayaan gemar membaca adalah pemberian apresiasi atau hadiah kepada masyarakat baik perorangan, kelompok, dan/atau lembaga yang berhasil meningkatkan kegemaran membaca di masyarakat melalui pendayagunaan perpustakaan.

Perpustakaan Nasional RI memberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka Tahun 2019. Penghargaan yang diberikan sebagai bentuk apresiasi tertinggi atas dedikasi dalam pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan serta mengupayakan peningkatan pembudayaan gemar membaca di Indonesia, dengan kategori sebagai berikut : masyarakat, pejabat public atau tokoh masyarakat, jurnalis, media masa dan Lifetime Achievement Award.

Berdasarkan SK Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 172 Tanggal 14 Agustus Tahun 2019 Tentang Penetapan Penerima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka Tahun 2019 bahwa Gubernur Bali sebagai penerima penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka Tahun 2019 Kategori Pejabat Publik. Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi dan dukungan yang besar bagi kemajuan pengembangan perpustakaan dan pembudadayaan gemar embaca secara terus-menerus di Provinsi Bali pada khususnya dan di seluruh Indonesia pada umumnya.

Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Drs. Syafruddin, M.Si) yang didampingi oleh  Kepala Perpustakaan Nasional (Drs. Muhammad Syarif Bando, MM) dan Duta Baca Indonesia (Najwa Shihab). Penyerahan Penghargaan dilaksanakan bertepatan dengan acara Gemilang Perpustakaan Nasional pada tanggal 5 September 2019 di  The Ballroom Jakarta Theater. Selain itu, terdapat beberapa Kepala Daerah yang menerima Penghargaan tersebut, diantaranya : Bupati Magelang, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Kalimantan Selatan, Walikota Padang Panjang dan Gubernur Selatan. Dalam kesempatan tersebut, Ibu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali (Luh Putu Haryani, SE.,MM) mewakili Gubernur Bali (Dr. Ir. Wayan Koster, MM) dalam penyerahan Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka Tahun 2019 Kategori Pejabat Publik.

Share