PAMERAN LITERASI & KEARSIPAN

Pemuda memiliki peran yang signifikan dalam proses kemajuan bangsa. Hal ini disebabkan karena pemuda merupakan agent of change dari sebuah peradaban bangsa. Peran pemuda sangat dibutuhkan dalam era modernisasi atau yang saat ini dikenal dengan era revolusi 4.0, sehingga produktivitas pemuda sangat menentukan kemajuan dan eksistensi bangsanya sendiri. Atas dasar itulah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali bekerjasama dengan Duta Baca Provinsi Bali mengadakan kegiatan Pameran Literasi dan Kearsipan dengan Tema : Bersatu Kita Maju untuk menyambut Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan memperingati Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2019. Hal ini sebagai salah satu cara untuk menunjukkan bahwa pemuda Indonesia masih tetap berperan aktif dalam kemajuan bangsa khususnya melalui literasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pemuda akan peranannya dalam memajukan bangsa dan negara melalui literasi. Acara dibuka oleh Ibu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali yang dihadiri oleh ribuan siswa-siswi SMP dan SMA serta mahasiswa-mahasiswi dari Perguruan Tinggi. Jenis kegiatan yang diselenggarakan antara lain :

  1. Gelar Wicara (talkshow) yang diisi oleh anak-anak muda yang terdiri dari : Duta Cerita Bali, Miss Internet Indonesia 2019, Penggiat Literasi/Lingkungan dan Duta Baca Bali.
  2. Pameran literasi yang akan diikuti oleh 11 komunitas anak muda yang bergerak dibidang lingkungan, literasi dan sociopreneurship (Griya Luhu, Harmoni Parahyangan, 1000 Guru, S&I Learning Center, BasaBali Wiki, Kajian Humaniora, I NI Timpal Kopi, Buku Mahardika, Forum Lingkar Pena Bali, Duta Baca Provinsi Bali, Bring Your Tumbler).
  3. Pameran foto-foto dan pemutaran film dokumenter dari kearsipan.
  4. Layanan Inkapsulasi Arsip Gratis untuk arsip pribadi (ijazah, KTP, KK, dll)
  5. Bazar buku dari penerbit (Nebula Comic, Andi Publisher)
  6. Bazar produk dari sociopreneur muda (Cilota Bali, Barjaz Tea)
  7. Doorprize dari para sponsor.

Kegiatan ini didukung oleh beberapa sponsor, antara lain : Bank BPD Bali, Ayucious Lounge Bali, Nadhi Mart, Agung Bali Collection, Golden Tulip Essential Denpasar,  Nebula Comic, Penerbit Andi.

 

Share