Pengukuhan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Bali dan Seminar Nasional Tahun 2020.

IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) sebagai salah satu organisasi profesi yang sejajar dengan profesi lainnya merupakan profesi yang strategis dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, keberadaan IPI diharapkan dapat mendukung percepatan tumbuh kembang dan meningkatnya Perpustakaan baik dari kualitas maupun kuantitasnya.

Ketua Umum Ikatan Pustakawan Indonesia T. Syamsul Bahri, SH., M.Si dalam sambutannya tentang era revolusi industri 4.0 menghimbau agar Pustakawan memiliki tiga kemampuan utama yaitu collection management, knowledge management, dan knowledge transfer sehingga dalam aktivitas di bidang perpustakaan mampu mengedepankan smart technology yang akan melahirkan smart society. Sehingga di era ini perpustakaan mempunyai peran bukan hanya menyediakan koleksi perpustakaan saja, tapi lebih dari itu perpustakaan berperan sebagai digital inclusion yang mengacu pada perangkat teknologi, pelatihan digital, jaringan berkecepatan tinggi, dukungan teknis, dan konten online (ketersediaan koleksi dalam bentuk digital) agar dapat memberikan bantuan secara penuh kepada masyarakat untuk aktif menggunakan informasi, komunikasi, dan teknologi dalam menunjang pekerjaannya yang pada akhirnya melahirkan smart society.

Acara Pengukuhan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Bali periode 2020-2022 dilaksanakan di Ruang Jempiring Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Bali yang ditandai dengan penyerahan Bendera IPI dari Ketua Umum Ikatan Pustakawan Indonesia kepada Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Bali I Wayan Tunjung.

Share