“LEGENDA KEBO IWA” BERJAYA PADA LOMBA BERCERITA TINGKAT PROVINSI BALI

Kemampuan membaca merupakan faktor penting dalam mengembangkan wawasan, pola pikir dan pemahaman terhadap beragam konteks kehidupan masyarakat. Upaya pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga jalur yaitu keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat. Melalui pengembangan pola pikir yang kritis mendukung kesiapan individu dalam melihat peluang dan menjawab tantangan di era global.  Pembudayaan kegemaran membaca pada satuan pendidikan ditanamkan dan dilatih pada anak-anak sedini mungkin serta dilakukan secara berkelanjutan dalam kondisi yang kondusif, harmonis, dan komunikatif. Dukungan dalam membangun kegemaran membaca diperlukan kolaborasi antara keluarga, sekolah, komunitas, masyarakat dan pemerintah.

Dalam rangka pembinaan pembudayaan kegemaran membaca, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali dilakukan berbagai kegiatan dan salah satunya Lomba Bercerita Bagi Siswa-Siswi SD/MI Tingkat Provinsi Bali. Melalui cerita rakyat nusantara yang dikemas dan dipentaskan secara baik dan indah akan menumbuhkan rasa kekaguman pada khazanah kekayaan budaya bangsa, yang pada gilirannya akan menumbuhkembangkan rasa menghormati, rasa Bersatu padu dalam ikatan kebangsaan yaitu Bangsa Indonesia dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Tema dari kegiatan lomba bercerita adalah “Menumbuhkembangkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan terhadap Budaya Lokal dalam Upaya membangun Karakter, Kecerdasan, Kreativitas dan Inovasi Generasi Muda Indonesia”.

Rangkaian lomba dilaksanakan melalui seleksi secara virtual dari bulan April hingga Juli. Final enam besar peserta lomba dilaksanakan melalui penilaian secara langsung dengan tetap berpedoman dengan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran covid-19. Pelaksanaan penilaian final lomba bercerita tingkat provinsi dilaksanakan di ruang rapat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali dengan menjaga jarak dan membatasi jumlah pendamping peserta lomba.

Adapun yang menjadi Juara I Lomba Bercerita Tingkat Provinsi Bali adalah Krista Zepanya Weku dari SDN 4 Darmasaba dengan membawakan cerita berjudul “Legenda Kebo Iwa” yang nantinya akan menjadi wakil Provinsi Bali pada tingkat nasional. Juara II diraih oleh I Kadek Kakak Wijaya dari SDN 1 Semarapura, Juara III Pande Made Laksita Cahyadewi dari SDN 4 Kampung Baru, Juara Harapan I Ni Nengah Adenia Puspa Dewi dari SDN 1 Demulih, Juara Harapan III diraih oleh I Dewa Made Satriya Wibawa dari SDN 1 Dajan Peken dan Juara Harapan III Ni Made Pritalaras T Masjayanti dari SDN 3 Dauhwaru.

Share