Sosialisasi UU Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak Karya Rekam

Kegiatan Sosialisasi UU Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak Karya Rekam bertempat di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Center. Acara yang dihelat pada tanggal 29 Maret 2021 ini dihadiri oleh Nyonya Gubernur Ni Putu Putri Suastini Koster, peserta dari Para Pegiat Seni sebanyak 30 orang, seluruh ASN dan Non ASN

Acara dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali, Luh Ayu Aryani, dilanjutkan dengan motivasi yang diberikan oleh Nyonya Ni Putu Putri Suastini Koster selaku pegiat seni

Dalam sambutan Plt. Kepala Dinas Menyampaikan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini untuk Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi dan kreativitas pegiat seni serta meningkatkan kesadaran untuk melaksanakan amanat dari Undang- Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak Karya dengan menyerahkan karya, baik karya cetak maupun karya rekam yang dihasilkan baik oleh orang/perorangan dan pemerintah/swasta maupun BUMD untuk disimpan dan dilestarikan menjadi koleksi deposit pada Dinas Kearsipan dan perpustakaan Provinsi Bali sebagai warisan budaya bagi generasi penerus bangsa.

Saat ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali memiliki koleksi deposit berupa :
a. Kaset ( lagu bali, wayang, dll ) sebanyak 434 judul.
b. CD sebanyak 367 judul.
c. Lontar dalam bentuk mikrofilm aksara Bali sebanyak 168 judul.
d. Lontar yang telah dialih media dalam bentuk PDF sebanyak 245 judul.

Nyonya Ni Putu Putri Suastini Koster yang diundang sebagai pegiat seni menyerahkan secara simbolis karya cetak dan karya rekam kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi dan memberikan motivasi kepada seluruh pegiat seni untuk terus berkarya walaupun di era pandemi serta menyerahkan karyanya kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan untuk disimpan dan dilestarikan sebagai koleksi deposit dalam rangka menunjang program perpustakaan.

Sebagai Narasumber mendatangkan Bapak Rudi Hernanda pustakawan Ahli Madya Perpustakaan Nasional RI dengan materi “Literasi Mengelola Kekuatan Diri Menggapai Kesejahteraan” dalam paparannya menyampaikan perpustakaan secara umum, maanfaat perpustakaan dan inovasi yang dirancang, pendanaan serta aturan – aturan yang termuat dalam UU Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak Karya Rekam.

Terlaksananya kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menambah koleksi deposit akan karya – karya anak bangsa khususnya karya budaya Bali dan meningkatkan peran perpustakaan dalam mewujudkan Bali Era Baru. Acara ditutup dengan pertunjukan seni yang diperankan oleh Susi Bondres cs yang mengundang tawa penonton.

Share