Pelatihan/Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) Tingkat Provinsi Dalam Rangka Mendukung Program Kearsipan Provinsi Bali

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali memiliki tugas dan fungsi sebagai Pencipta Arsip, dan sebagai lembaga Keasripan Daerah (LKD) Tingkat Provinsi, oleh karena itu sebagai Lembaga Kearsipan Daerah Tingkat Provinsi, memiliki peran yang strategis dalam mendorong kemajuan perkembangan pengelolaan arsip di Provinsi, khususnya di Provinsi Bali, baik itu pengelolaan arsip dinamis maupun arsip statis.  

Serta merupakan perpanjangan tangan Arsip Nasional Republik Indonesia, dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan dan regulasi di bidang kearsipan yang terus mengalami perubahan mengikuti perkembangan teknologi digital. Dimana Indonesia sudah memasuki era digital 4.0.

Atas dasar inilah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali di tahun 2021 ini, membuat program Sistem Jaringan Informasi Kearsipan Tingkat Provinsi dengan salah satu kegiatannya adalah melaksanakan bimbingan teknis sistem Informasi kearsipan nasional tingkat provinsi.

Acara dibuka oleh sambutan dari Ibu Plt Kepala Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali, Luh Ayu Aryani dengan menekankan bahwa pelatihan ini sangat penting dalam rangka pengembangan SDM Kearsipan di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali Bali  untuk menyongsong layanan arsip statis berbasis Teknologi Informasi Kearsipan (TIK), dan merupakan langkah awal menuju Sistem Kearsipan Nasional (SKN).

Acara yang berlangsung pada hari ini Senin – Rabu, 19 – 21 April 2021 ini mengundang 3 orang narasumber berasal dari Arsip Nasional Republik Indonesia dan peserta yang terdiri dari seluruh Pejabat Struktural Bidang Kearsipan, Pejabat Fungsional Arsiparis tertentu. Dan juga dari Diskominfos Provinsi Bali. Keseluruhan berjumlah 29 Orang. Dengan materi pengantar “Menuju Arsip Autentik Indonesia melalui penyelenggaraan SIKN dan JIKN”, teori, serta praktek operasional aplikasi SIKN.

Dalam mendukung pelaksanaan kegiatan bimtek ini diinformasikan data arsip statis yang tersimpan di depo LKD Provinsi Bali sebagai berikut :

  1.  Arsip tekstual         : 310 Boks
  2.  Arsip Film              : 68 Roll
  3.  Arsip Peta              : 258 Lembar
  4.  Arsip cd                 : 70 Keping
  5.  Gambar Plat          : 437 Lembar
  6.  Kearsitekturan      : 119 Lembar
  7.  Arsip Video            : 137 Kaset
  8.  Arsip Photo            : 3.035 Lembar
  9.  Rekaman Suara    : 162 Pita Kaset

Diharapkan setelah pelatihan ini, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali siap untuk menindaklanjuti baik dari sisi regulasi maupun teknis penginputan aplikasi SIKN

Share