PEMBINAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Pembangunan Nasional di bidang pendidikan merupakan hal yang paling penting untuk meningkatkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam skala nasional maupun internasional. Perpustakaan apabila diberdayakan secara sungguh-sungguh merupakan jantung pendidikan yang secara sadar dan terencana harus diupayakan untuk mewujudkan masyarakat belajar memiliki kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulya serta keterampilan yang diperlukan dirinya secara mandiri untuk meningkatkan kualitas masyarakat, bangsa dan negara sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar 1945.

Dalam menciptakan masyarakat membaca (reading society) dan masyarakat belajar (learning society) , sebagai pilar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, peran perpustakaan menjadi sangat penting dan strategis, karena perpustakaan apabila diberdayakan secara baik dan benar merupakan sentra pengembangan sumber daya manusia. Dengan fungsi edukatif, informatif, rekreatif dan risetnya dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang ada dapat dikuasai melalui membaca.

Perpustakaan  merupakan tempat menyimpan dan mendayagunakan hasil karya bangsa yang bersifat intelektual dan budaya sehingga menjadi unsur perekat kesatuan bangsa. Perpustakaan juga merupakan lembaga warisan  nasional (national heritage) yang dapat mencerminkan tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa. Dalam pemberdayaan perpustakaan yang maksimal dan menyeluruh yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan diperlukan Pembinaan terhadap Perpustakaan yang berada di wilayah Provinsi Bali pada umumnya dan secara khusus terhadap Perpustakaan yang berada pada Lingkup Pemeritahan Provinsi Bali.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan melaksanakan kegiatan Pembinaan Perpustakaan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja mutu pengelolaan Perpustakaan Sekolah Tingkat Sekolah (SMA/MA/SMK) negeri maupun swasta, meningkatkan peran Perpustakaan Sekolah dalam proses pembelajaran untuk mencapai  visi dan misi sekolah dan mewujudkan budaya baca bagi masyarakat sekolah. Pembinaan dilaksanakan dari tanggal 8 s/d 21 April 2021 ke 9 (sembilan) Perpustakaan Sekolah antara lain : SMAN 2 Amlapura, SMKN 1 Negara, SMAN 1 Kuta Utara, SMAN 7 Denpasar, SMAN 1 Kediri, SMAN 3 Tembuku, SMAN Bali Mandara, SMAN 1 Klungkung, SMAN 1 Gianyar.

Share