PEMILIHAN PUSTAKAWAN BERPRESTASI TINGKAT PROVINSI BALI TAHUN 2021

Perkembangan teknologi semakin memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses informasi. Sumber ilmu pengetahuan yang di masa lalu berada di lorong-lorong perpustakaan, kini berada dalam genggaman gawai. Melalui akses internet, perpustakaan dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh masyarakat untuk mengkonsumsi informasi. Perpustakaan tidak lagi hanya mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan menyebarkan informasi dalam format tercetak, namun sumber sumber informasi yang dikelola perpustakaan dapat diakses secara online melalui internet. Pustakawan bukan lagi hanya sebagai penjaga buku, namun Pustakawan telah bertransformasi menjadi fasilitator informasi bagi pemustaka.

Keberhasilan perpustakaan sangat ditentukan oleh tersedianya pustakawan yang berdedikasi tinggi, bekerja secara profesional dan memiliki kompetensi yang benar-benar dibutuhkan oleh perpustakaan dan pemustakanya. Pustakawan dituntut untuk memberikan layanan prima dan berorientasi pada kepuasan pemustaka. Meskipun masih dalam jumlah terbatas, Pustakawan di Indonesia telah melakukan yang terbaik sesuai dengan kompetensi dan kemampuannya. Dengan demikian wajar apabila kepada para Pustakawan yang berdedikasi tinggi dan profesional tersebut diberi penghargaan. Kegiatan pemberian penghargaan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja yang bersangkutan, serta dapat menjadi contoh dan teladan bagi Pustakawan lain.

Memperhatikan hal tersebut, Perpustakaan Nasional sebagai Instansi Pembina Pustakawan, perlu terus mendorong dan memfasilitasi pengembangan kompetensi dan profesionalisme Pustakawan Indonesia. Salah satunya melalui kegiatan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik yang dilakukan secara sistematis dan berjenjang, mulai dari pemilihan pada Tingkat Daerah/Provinsi, Tingkat Nasional, dan Tingkat Regional. Apresiasi yang diberikan pemerintah ketika mengikuti kegiatan pemilihan tersebut diharapkan dapat memotivasi Pustakawan untuk terus berkarya, berinovasi, berkinerja, berprestasi tinggi dan berpartisipasi aktif turut membangun lingkungannya sehingga dapat mengangkat citra Pustakawan, agar sejajar dengan profesi-profesi lainnya.

Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik bertujuan:

1. Memberi penghargaan kepada Pustakawan yang berprestasi terbaik yaitu:
a. Memiliki produk inovatif dalam bentuk apapun.
b. Memiliki nilai manfaat bagi masyarakat.
c. Memiliki capaian/kegiatan yang diakui oleh masyarakat/ lembaga

2. Mengembangkan profesionalisme Pustakawan Indonesia.

3. Meningkatkan motivasi, inovasi dan etos kerja Pustakawan.

4. Menambah dan berbagi pengetahuan, keterampilan dan wawasan di antara para peserta.

5. Mendorong terjalinnya jaringan kerjasama jasa informasi perpustakaan yang kuat di antara para peserta.

6. Mewujudkan citra Pustakawan sebagai profesi yang dapat dibanggakan.

Pemilihan pustakawan berprestasi terbaik tahun 2021 diikuti oleh seluruh pustakawan se-Bali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran covid-19. Seleksi penilaian kognitif dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi google form, penilaian Fortofolio dilaksanakan melalui media email untuk membatasi peserta secara tatap muka. Final enam besar pustakawan terpilih dilaksanakan secara langsung di ruang Rapat Dinas Kearsipan dan Provinsi Bali pada tanggal 29 April 2021.

Dari hasil penilaian Dewan Juri ditetapkan pemenang sebagai berikut : Juara I Drs. Dw Gde Rai Taman Arimbawa, M.Si (Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung), Juara II I Nyoman Budiarta, S.Sos (Politeknik Negeri Bali), Juara III Ida Bagus Gede Purwa S.Kom (Universitas Pendidikan Ganesha), Juara Harapan I Ni Luh Ketut Nurani, A.Ma, S.Pd (SMAN 1 Tabanan), Juara Harapan II Luh Putu Suciasih. P, S.Mn (SMAN 1 Banjar) dan Juara Harapan III Ni Luh Rai, S.Pd (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karangasem). Adapun yang menjadi Juara I pada Tingkat Provinsi akan menjadi wakil Provinsi Bali pada Tingkat Nasional.

Share