DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI BALI SIAP MENGIKUTI EKSIBHISI VIRTUAL KEARSIPAN NASIONAL TAHUN 2021 YANG DISELENGGARAKAN OLEH ANRI TANGGAL 24 MEI – 10 JUNI 2021

Dalam rangka peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-50 yang mengusung tema “Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Menuju Arsip Digital”, ANRI akan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya adalah pelaksanaan Ekshibisi Virtual Kearsipan Indonesia Tahun 2021 yang akan diselenggarakan pada tanggal 24 Mei – 10 Juni 2021. Diharapkan semua LKD Provinsi se-Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, sehingga masyarakat dapat menikmati Ekshibisi Virtual Kearsipan tahun ini. Untuk itu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali sebagai Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Provinsi Bali bertekad untuk menyukseskan pelaksanaan Ekshibisi Virtual Kearsipan tersebut, dengan mengisi booth Ekshibisi Virtual yang disediakan oleh panitia.

Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali, drh. Luh Ayu Aryani, MP., menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap penyelenggaraan  Ekshibisi Virtual Kearsipan Tahun 2021, sekaligus berkomitmen dan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Tim Ekshibisi Virtual LKD Provinsi Bali yang telah menyiapkan materi ekshibisi dalam waktu singkat yang disediakan oleh panitia. “Melalui partisipasi LKD Provinsi Bali dalam Ekshibisi Virtual tahun ini, kami harapkan dapat dijadikan momentum bagi LKD Provinsi Bali untuk dapat menyelenggarakan Ekshibisi Virtual Kearsipan Provinsi Bali secara mandiri di masa yang akan datang”, ujar Plt. Kadis Perpustakaan Provinsi Bali.

Hal tersebut ditindaklanjuti oleh Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali yang menyampaikan bahwa LKD Provinsi Bali telah mengirimkan konten tentang profil dan program kearsipan dalam bentuk visualisasi foto dan video. “Secara teknis, LKD Bali telah mengirimkan materi untuk Ekshibisi Virtual sesuai dengan kriteria yang diminta oleh panitia” ujar Cok. Istri Rutmini, SE, MM.

Sejalan dengan hal tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali sebagai   salah satu peserta Ekshibisi Virtual menyampaikan bahwa Ekshibisi Virtual ini merupakan partisipasi untuk pertama kalinya bagi LKD Provinsi Bali sehingga diakui masih banyak kekurangan, baik dari sisi substansi maupun pengolahan konten. Hal tersebut juga diakui oleh I Dewa Gede Widiakusuma, ST selaku anggota tim IT, mengingat video yang ditampilkan memiliki durasi yang pendek dan size file maksimal 3 MB untuk masing – masing video. “Untuk dapat menampilkan video profil yang jelas, singkat, dan padat dengan volume terbatas, maka dibutuhkan kecermatan dalam menyelaraskan antara konten dengan durasi video sehingga  menjadi tampilan yang atraktif dan informatif bagi pengunjung Ekshibisi Virtual Kearsipan ini”, ujar Dewa Gede Widiakusuma, ST. Oleh karena itu, partisipasi tim Ekshibisi Virtual LKD Provinsi Bali kali ini merupakan sebuah pembelajaran demi peningkatan kualitas pada kesempatan mendatang. Kesempatan ini juga merupakan momentum untuk melihat hasil karya dari peserta lainnya dengan karya yang ikonik, edukatif dan atraktif.

Share