UPACARA PERINGATAN EMAS HARI KEARSIPAN KE–50 TAHUN 2021 DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI BALI

Dalam rangka memperingati Hari Kearsipan Nasional yang ke – 50 Tahun 2021, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DAP) Provinsi Bali menyelenggarakan upacara secara virtual dengan mengikuti rangkaian upacara yang diselengarakan oleh ANRI melalui aplikasi zoom. Upacara bertempat di Ruang Rapat DAP Provinsi Bali diikuti oleh Sekretaris Dinas DAP, Cok. Istri Rutmini, SE, MM beserta seluruh pejabat  eselon III dan IV serta pejabat fungsional utama di lingkungan DAP Provinsi Bali. Dalam rangka menguatkan budaya dan jati diri bangsa yang memilki keanekaragaman  suku, ras dan agama, maka peserta upacara menggunakan pakaian adat tradisional.

Peringatan Hari Kearsipan ke–50 yang jatuh pada tanggal 18 Mei 2021 mengambil tema “Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital”.“Saat ini kearsipan telah dijadikan sebagai salah satu instrumen Reformasi Birokrasi. Selain hal tersebut, dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik, pada 27 Oktober 2020 telah diresmikan penggunaan aplikasi Umum SPBE Bidang Kearsipan Dinamis (SRIKANDI), sebagai aplikasi bagi pakai Arsip dan Informasi, yang wajib dilaksanakan bagi seluruh Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah,” Pesan M.Taufik, Plt. Kepala ANRI selaku inspektur upacara.

Selesai mengikuti upacara, acara dilanjutkan dengan ramah tamah serta syukuran Peringatan Emas Hari Kearsipan yang ke–50. Sekretaris Dinas DAP Provinsi Bali menyampaikan pesan untuk mengingatkan kembali arahan yang disampaikan Bapak Plt. Kepala ANRI bahwa transformasi pengelolaan arsip digital sudah merupakan keniscayaan bagi insan kearsipan. Semua aktivitas kehidupan sudah serba digital atau Internet of Thing (IoT). Oleh karena itu, Arsiparis di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali harus melek digital. “Arsiparis kami dorong untuk terus mengembangkan diri menyesuaikan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sehingga mampu melakukan pengelolaan arsip yang tercipta dalam berbagai media dan bentuk” ujarnya.

Share