MENDORONG MUTU PERPUSTAKAAN MELALUI AKREDITASI PERPUSTAKAAN

Untuk meningkatkan kuantitas perpustakaan yang terdapat di Wilayah Provinsi Bali, Perpustakaan Daerah Provinsi Bali dalam hal ini Bidang Pembinaan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran membaca mengadakan kegiatan Diskusi Ilmiah Akreditasi Perpustakaan Bersama seluruh pejabat Fungsional Pustakawan di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali, guna mendorong peningkatan Mutu Perpustakaan dengan menerapkan Standar yang di tetapkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Bapak Kepala Perpustakaan Nasonal berkata bahwa  “Jika bicara tentang  akreditasi perpustakaan maka kita bicara tentang pemenuhan syarat minimal dari standar yang telah dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional. Standar pengelolaan perpustakaan yang ada sekarang adalah standar yang pasif. Bagaimana kita bisa melihat peran perpustakaan dalam mentransfer ilmu pengetahuan di perpustakaan, belum bisa ditemui dalam 6 standar yang ada ini,” ujarnya saat hadir membuka Webinar Akreditasi Perpustakaan yang mengangkat tema “Perpustakaan Berkualitas Melalui Akreditasi” yang digelar secara daring di Jakarta, Kamis (3/6/2021)

Tahun 2021 perpusnas mendorong Perpustakaan Umum, Perpustakaan Khusus, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Perpustakaan Desa/Kelurahan untuk memenuhi standar Nasional dengan mengikuti dan mengajukan Akreditasi perpustakaannya. Pada tahun 2011 – 2020 terdapat lebih dari 40 Perpustakaan di Bali yang telah diakreditasi dengan rentang Nilai Akreditasi A – C, jumlah tersebut masih sangat minim.

Share