PENYELENGGARAAN LOMBA BERTUTUR TINGKAT PROVINSI BALI TAHUN 2021 SECARA DARING

Bertutur merupakan salah satu cara meningkatkan literasi masyarakat. Masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Bali sudah sangat familiar dengan kegiatan bertutur yang dalam bahasa Daerah Bali biasa disebut “ Mesatua”. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh orang tua kepada putra – putri ataupun kakek nenek kepada cucunya pada waktu senggang. Literasi sendiri bermakna keberpahaman seseorang mengenai sesuatu, yang dalam hal ini adalah kata atau kalimat. Dengan cara bertutur, anak – anak diharapkan dapat memahami maksud atau makna dari suatu hal.

Perpustakaan Nasional dalam rangka mendorong Budaya Literasi masyarakat Indonesia mengadakan Lomba Bertutur yang diadakan berjenjang, mulai dari Lomba Bertutur Bagi Siswa – Siswi SD/MI Tingkat Kabupaten, Tingkat Provinsi  sampai ke Tingkat Nasional. Perpustakaan Daerah Provinsi Bali sebagai perpanjangan tangan Perpustakaan Nasional turut serta dalam menumbuhkan budaya literasi pada masyarakat Bali dengan menyelenggarakan Kegiatan lomba tersebut. Lomba Bertutur Bagi Siswa – Siswi SD/MI Tingkat Provinsi Bali diselenggarakan secara daring melalui media zoom pada Rabu, 28 Juli 2021 untuk menghindari kerumunan seperti himbauan Pemerintah dengan membatasi jumlah penyelenggara kegiatan dan tentu mematuhi protokol kesehatan Covid – 19.

Peserta lomba Final adalah peserta dari Lomba Bertutur Bagi Siswa – Siswi SD/MI Tingkat Kabupaten yang telah di seleksi oleh Dewan juri secara ketat saat babak penyisihan melalui video yang dikirimkan oleh peserta. Berdasarkan hasil keputusan dewan juri di tetapkan 6 juara dari Lomba Bertutur Bagi Siswa – Siswi SD/MI Tingkat provinsi Bali yaitu

  1. JUARA PERTAMA  diraih oleh MADE ANGGUN ESA PUTRI siswa SD N 1 TAKMUNG KABUPATEN KLUNGKUNG
  2. JUARA KEDUA diraih oleh PUTU AYU KARISMA DEWI siswa SDN 4 PERTIMA KABUPATEN KARANGASEM
  3. JUARA TIGA diraih oleh NI WAYAN ENI PURWANTINI siswa SDN 2 PUPUAN KABUPATEN GIANYAR
  4. JUARA HARAPAN SATU diraih oleh PUTU SANTI SUNDARI siswa SDN 2 MENGWI KABUPATEN BADUNG
  5. JUARA HARAPAN DUA diraih oleh I GEDE NESYAN ACHARYA NANDA siswa SDN 4 KAMPUNG BARU KABUPATEN BULELENG
  6. JUARA HARAPAN TIGA diraih oleh NENGAH NUGRAHA ADITAMA siswa SDN 1 DEMULIH KABUPATEN BANGLI

Juara pertama yang diraih oleh Made Anggun Esa Putri nantinya akan melanjutkan untuk mengikuti Lomba Bertutur bagi siswa SD/MI di tingkat Nasional sebagai Wakil dari Provinsi Bali yang dilaksakan secara daring pada Bulan Agustus 2021.

Share