PERPUSTAKAAN DESA/ KELURAHAN TERBAIK PROVINSI BALI TAHUN 2021

Desa/Kelurahan merupakan Lembaga pemerintahan yang terdekat dengan masyarakat. Peran keberadaan desa sudah tidak bisa di pungkiri sangat besar pengaruhnya, dan didorong dengan berbagai program oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. Salah satunya dengan Pemberdayaan Perpustakaan Desa/ Kelurahan yang di maksimalkan menjadi Pusat Informasi masyarakat Desa/ Kelurahan. Perpustakaan Daerah Bali  bersama – sama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melaksanakan Lomba Perpustakaan Desa/ Kelurahan yang dibiayai oleh dana APN untuk mendorong Peningkatan Kualitas dan Daya Guna Perpustakaan Desa/Kelurahan. Berdasarkan hasil penilaian yang ketat melalui seleksi video rekaman profil Perpustakaan Desa/ Kelurahan sebagai Pemenang Perpustakaan Desa/Kelurahan TK. Kabupaten didapatkan peserta Perpustakaan Desa / Kelurahan yang mengikuti Lomba Perpustakaan Desa/ Kelurahan di TK. Provinsi.

Di seleksi oleh Dewan juri yang sudah tidak diragukan lagi kiprahnya dalam dunia kepustakawanan yaitu bapak Drs. I Wayan Tunjung menjabat sebagai Ketua IPI Provinsi Bali, bersama  bapak Budhi Sagita Wiratama, M.Pd  sebagai penggiat Literasi di Provinsi Bali , dan ibu Dra. Nyoman Suwidiadi menjabat sebagai Pustakawan Utama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali menitik beratkan pada kebergunaan perpustakaan di Desa / Kelurahan sebagai pemenuhan Kebutuhan informasi masyarakat serta Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial yang dilaksanakan di perpustakaan yang disesuaikan dengan Standar Nasional Perpustakaan untuk Desa/Kelurahan.

Berdasarkan kriteria tersebut didapakanlah nama – nama Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik tingkat Provinsi Bali pada tahun 2021 yaitu

  1. JUARA PERTAMA diraih oleh Perpustakaan GANESHA, Desa PENGULON, Kabupaten BULELENG
  2. JUARA KEDUA diraih oleh Perpustakaan SASTRA UTAMA ,Kelurahan SESETAN, Kota DENPASAR
  3. JUARA KETIGA diraih oleh Perpustakaan WIDYA BHUANA, Desa PIKAT, Kabupaten KLUNGKUNG
  4. JUARA HARAPAN PERTAMA diraih oleh Perpustakaan GIRI SHANTI, Desa BUNUTIN, Kabupaten BANGLI
  5. JUARA HARAPAN KEDUA diraih oleh Perpustakaan DESA BALUK, Desa BALUK, Kabupaten JEMBRANA
  6. JUARA HARAPAN KETIGA diraih oleh Perpustakaan YOWANA SASTRA MAHOTAMA, Desa SUDIMARA,  Kabupaten TABANAN

Juara pertama yaitu Perpustakaan Ganesha Desa Pengulon Kabupaten BULELENG nantinya akan mewakili Provinsi Bali pada Lomba Perpustakaan Desa Terbaik Tingkat Nasional  bersaing dengan 38 Provinsi di Indonesia.

Share